Mas Padil

Guru Fisika di SMA Terpadu Al-Qudwah, Lebak, Banten. Aktivis Komunitas Indonesia Membaca. Pernah suka makan belut, kuaci dan manjat-manjat. ...

Selengkapnya
Tumbuh dengan 'Kebohongan'
Doc pribadi

Tumbuh dengan 'Kebohongan'

Bangsa yang korup bukan karena pendidikan formal anak-anaknya rendah, tetapi karena pendidikan moral yang tertinggal. Dan tidak ada yang lebih merusak dibandingkan anak pintar yang tumbuh jahat.

Begitu tegas Tere Liye dalam buku Ayahku (bukan) Pembohong. Sebuah novel yang bercerita tentang seorang anak bernama Dan yang tumbuh dengan cerita (tidak) nyata dari ayahnya. Semua cerita tentang sang kapten El Capitano, pemain nomor sepuluh, si Raja Tidur, apel emas Lembah Bukhara, dan suku Pengendali Angin.

Ayah Dam adalah orang yang jujur. Seluruh kota tahu, seluruh kota mengenalnya. Meskipun hidup tidak kaya, keluarga mereka dihormati dan disegani warga kota.

Perpustakaan Akademi Gajah, tempat Dam sekolah adalah tempat yang memulai Dam untuk mempertanyakan cerita ayah. Muncul keberanian untuk memastikan kebenaran cerita ayah. Namun kemarahan sang ayah, membuatnya memutuskan, kemarahan dan ketaksukaan sang ayah lebih mahal dari benar atau tidaknya cerita itu.

Setelah punya anak, Dam memutuskan bahwa anaknya harus dididik dengan cara yang berbeda-beda dengan zamannya dulu. Namun, mampukah Dan melakukannya? Sejatinya cerita ayah pun banyak terpakai dalam hidupnya. Termasuk pada pekerjaannya sebagai perancang bangunan.

Tere Liye selalu mampu menghadirkan hikmah kehidupan yang disampaikan dengan cara yang sederhana.

"Orang-orang dewasa yang jahat sulit diperbaiki meski dihukum 100 tahun jadi berharaplah dari generasi berikutnya perbaikan akan datang"

"Kekuasaan itu cenderung jahat, dan kekuasaan yang terlalu lama cenderung lebih jahat lagi (halaman 185)"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Tere liye memang keren

26 Oct
Balas

Betul pak...keren sangat

26 Oct

Belajar dari Tere Liye....Siiip

26 Oct
Balas

Betul Bu... terima kasih

26 Oct

Keren mas padil. Barakallah

26 Oct
Balas

Terima kasih bu

26 Oct

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali